Pada tanggal 26 Juni 2014, SIDDHI mengadakan seminar dengan topik: “Membangun Keluarga Harmonis Melalui Hidup Berkesadaran”, dengan pembicara YA. Nyana Suryanadi Maha Thera dan UP. Dharmasaputra Irwan Pontoh, SE., M.Psi. Acara diadakan di Restaurant Mahameru., Jl.Raya Diponegoro 152, Surabaya. Seminar ini mengajak kita untuk berpikir sejenak bagaimana cara agar memiliki keluarga yang harmonis. Keluarga yang harmonis bukanlah suatu keluarga yang adem ayem saja tanpa adanya perbedaan pendapat, tetapi bagaimana kita mengolah emosi kita pada setiap persoalan yang membawa pada perbedaan pendapat. Dalam kehidupan berumah tangga, perbedaan pendapat adalah wajar, antara suami dan istri, antara orangtua dan anak, semuanya pasti tidaklah mungkin 1 pendapat.

Salah satu cara untuk membuat kita dapat hidup harmonis adalah dengan me-manajemen emosi kita, manajemen emosi ini adalah dengan cara meningkatkan kesadaran kita atas emosi kita sendiri. Artinya kita tidak membiarkan emosi yang menguasai diri kita sendiri, tetapi kesadaran kitalah yang mengambil alih emosi tersebut. Kesadaran disini adalah diri kita, otak, akal budi kita bertindak lebih cepat daripada emosi itu sendiri, dengan begitu kita akan menyadari sejenak apakah hal tersebut benar-benar perlu marah ataukah ada beberapa aspek yang menyebabkan kita salah paham karena kita kurang mengerti duduk perkara persoalannya.

Untuk melatih kesadaran kita ini dapat dilakukan dengan cara meditasi. Meditasi disini adalah pemusatan konsentrasi dan pikiran kita atas suatu obyek. Obyek tersebut dapat berupa apa saja misal langkah kaki kita atau sampai pada bentuk yang lebih halus yaitu pernapasan kita. Dengan memiliki konsentrasi yang kuat maka kita dapat mengatasi bentuk-bentuk emosi kita agar tidak sampai mengganggu konsentrasi kita atas 1 obyek tersebut. Dengan melalui latihan tersebut secara kontinyu maka kesadaran kita akan terlatih untuk berada diatas emosi kita.

Berikut adalah foto-foto kegiatan acara tersebut: