Pada tanggal 27 September 2013, SIDDHI Surabaya mengadakan seminar kesehatan dengan topik “Masalah Kelainan Tulang Belakang dan Dampak Psikologis Bagi Si Penderita”. Seminar ini disampaikan oleh Bpk.Irawan Halim (pakar Naturopatik) dan Bpk.Jaka SantosoS.,M.Psi. Acara diadakan bertempat di Restaurant Mahameru, Jln.Diponegoro 152, Surabaya. Acara seminar diawali dengan ramah tamah dan makan malam bersama, dan juga bagi mereka yang mempunyai suara emas dapat menyumbang suaranya selama sesi ramah tamah ini.

Kemudian dilanjutkan dengan pembacaan doa pembuka dan sesi seminar ini sendiri. Bpk.Irawan Halim menjelaskan bahwa masalah tulang belakang pada manusia akhir-akhir ini semakin meningkat pesat, hal ini antara lain dipicu oleh pola duduk yang keliru. Pola duduk yang keliru ini seringkali tidak kita sadari sewaktu melihat TV, membaca koran, maupun bermain gadget. Yang terakhir ini (bermain gadget) adalah yang paling bahaya karena anak-anak kecil zaman sekarang semua keranjingan akan gadget. Mereka bermain gadget dengan posisi tubuh yang setengah tidur, hal itu akan membenai tulang belakang bagian tengah yang memang seharusnya bukan berfungsi untuk penyangga tubuh. Akibatnya bantalan antara tulang akan terhimpit karena tekanan tersebut, dan lama-kelamaan akan menimbulkan nyeri punggung, leher dan kaku pada otot-otot belakang. Solusinya adalah memperbaiki posisi duduk dan tidur yang benar. Selain itu juga dilakukan terapi, walaupun tidak menjamin 100% sembuh seperti asalnya, tapi dapat mengurangi rasa nyeri tersebut secara significant. Pada acara ini semua perserta juga diajari senam otak oleh Bpk.Jaka Santoso.

Acara ditutup dengan tanya jawab antara peserta dengan narasumber, pembagian doorprize dan doa penutup. Berikut foto-foto seminarnya:

Makan malam bersama Karaoke bareng Karaoke bareng Suasana seminar
Suasana seminar Narasumber kita Narasumber kita Bpk.Jaka Santoso Narasumber kita Bpk.Irawan Halim
Cindera mata untuk Bpk.Irawan Halim diserahkan oleh Bpk.Fredrik Cindera mata untuk Bpk.Jaka Santoso diserahkan oleh Bpk.Tosin Foto bersama pemenang undian door prize Foto bersama