Business Solution Forum (BSF) ke-3 pada tanggal 24 Agustus 2013 kali ini mengundang pembicara Bapak Putu Darma Putra. Beliau adalah seorang Pengusaha sejak tahun 1991-sekarang, Ketua Umum KAWIKAS(Keluarga Alumni Universitas Wijaya Kusuma Surabaya), pendiri JARBIS (Jaringan Bisnis Indonesia), Ketua Umum ASLI (Aliansi Sadar Linguistik Indonesia) dan beliau juga seorang pakar di bidang NLP (Neuro-Linguistic Programming).

Tema seminar kali ini adalah “Memulai Bisnis Dengan Modal Kepercayaan”. Kepercayaan disini adalah kepercayaan kepada diri sendiri. Kenapa percaya kepada diri sendiri adalah suatu modal yang mutlak diperlukan oleh calon pebisnis? Karena kata-kata percaya akan membuat kita terprogram untuk mampu menyelesaikan hambatan-hambatan pada awal memulai suatu bisnis. Menurut ilmu NLP dikatakan bahwa kata-kata yang kita tanamkan pada diri kita sendiri dapat menentukan nasib kita. Dengan memprogram kata-kata yang positif maka otomatis akan membuat mind/pikiran kita bergerak ke arah positif, mind yang positif akan menggerakkan suatu keputusan positif, keputusan positif akan menggerakkan tindakan/perbuatan kita yang akhirnya akan menentukan keadaan kita saat ini (nasib).

Untuk menjadi seorang pebisnis yang tangguh maka kita seharusnya menggunakan pikiran kita lebih banyak daripada perasaan kita. Perasaan dapat seringkali menghambat kita dalam berbisnis, misalnya: “Ah itu tidak mungkin”, “Ah itu sulit”, “Ah nanti saja, saya sedang malas”. Sedangkan pikiran akan membuat kita bertindak berdasarkan rasionalitas dari data-data yang ada di lapangan. Jika kita menggunakan pikiran maka kita akan lebih sering memunculkan pertanyaan “Bagaimana cara-nya?” dalam diri kita.

Berikut adalah foto-foto kegiatannya: