Workshop International: Penanganan Bencana (Alam) IDRN 1100 yang merupakan kerjasama antara SIDDHI dengan Organisasi non-profit HANDS regional Asia (Singapore) diadakan selama 2 hari yaitu pada tanggal 17-18 Maret 2012 dengan bertempat di Buddhayana Dharmavira Center (Jln.Panjang Jiwo Permai Selatan No 4, Surabaya). Apa itu IDRN 1100? IDRN 1100 adalah perkenalan kepada respon bencana alam (dasar persiapan). Jadi disini kita diperkenalkan kepada macam-macam bencana alam yang dapat terjadi serta bagaimana persiapan dasar kita dalam menghadapinya. Training IDRN ini memiliki kelanjutannya yaitu IDRN 1300 yaitu manajemen respon bencana: Local Coordination Centers. Jadi dengan mengikuti workshop ini kita akan siap menghadapi bencana alam yang dapat terjadi sewaktu-waktu pada diri kita, selain itu kita dapat juga menggunakan ilmu ini untuk membantu saudara kita yang terkena bencana musibah di tempat lain.
Dalam workshop ini kita diajarkan 5 hal penting yaitu:

  1. Memahami dampak dan penyebab bencana
  2. Memahami bagaimana cara menciptakan kesiapan keluarga
  3. Memahami dasar-dasar untuk bertahan hidup
  4. Memahami dasar tanggap bencana
  5. Menjadi siap menghadapi bencana

Mengapa kita memerlukan pelatihan ini? Karena Indonesia diprediksi oleh beberapa ahli geologi akan masih mengalami bencana-bencana seperti tsunami, gempa bumi dan gunung meletus. Hal ini dikarenakan letak geografis Indonesia yang tepat di pergerakan pergeseran lempeng kerak bumi.

Gempa bumi tidak membunuh orang, tapi reruntuhan bangunannya yang mengakibatkan orang terbunuh. Oleh karena itu jika terjadi gempa bumi maka sebaiknya kita keluar gedung dan berada di tanah lapang. Sedangkan jika terjadi bencana air bah, maka sebaiknnya kita mematikan listrik di rumah kita, hal ini untuk menghindari terjadinya kematian akibat tersetrum listrik. Selain itu kita harus tidak panik jika bencana datang, karena biasanya kepanikan-lah yang mengakibatkan kita tidak dapat berpikir sehat dan akhirnya malah akan membahayakan diri kita sendiri.

Hal-hal yang perlu diperhatikan dan dibawa saat evakuasi antara lain:

  1. Air bersih
  2. Sabun/deterjen
  3. Lampu senter dan baterai
  4. Makanan kering
  5. Korek api
  6. Bawa alat komunikasi
  7. Bawa dokumen-dekumen atau surat berharga

Berikut adalah beberapa foto acara kegiatannya: