THE TREASURE VASE

THE TREASURE VASEJambangan adalah bejana berperut-gendut dengan leher yang pendek dan ramping. Bukaan bagian atas berbentuk semacam bibir yang agak lebar dan terbalik dengan hiasan. Bagian bawah berbentuk bundar sebagai dasar/pondasi berdirinya bejana, yang juga dihias. Di bagian puncak, pada bagian yang terbuka, ada sebuah permata besar yang menunjukkan bahwa jambangan tersebut merupakan jambangan harta benda.

Berkaitan dengan pengertian umum jambangan dan bejana sejenis lainnya, bisa dikatakan cara pemujaan mereka kembali ke jaman keagamaan dahulu kala. Arti simbolis mereka kemungkinan besar selalu berhubungan dengan pemikiran  sebagai tempat penyimpanan dan kepuasan kebutuhan materi. Dalam saga dan dongeng dari berbagai kebudayaan, sebagai contohnya, kita ketahui cerita tentang bejana yang tak bisa habis isinya. Pada tingkat spiritual, jambangan sering dihubungkan dengan kepemilikan kemampuan luar biasa. Dalam Buddhisme Tibetan, ada berbagai macam bentuk jambangan untuk berbagai tujuan, khususnya upacara tantra.

Bentuk khusus jambangan harta benda (jika) dilihat di antara Delapan Simbol merupakan sebuah tanda pemenuhan keinginan spiritual dan materi, dan juga merupakan sifat dewa-dewa tertentu yang berhubungan dengan kekayaan, seperti Kangwa Sangpo (Gang-ba-bzang-po), salah satu rekan Vaisravana.

 

THE LOTUS

THE LOTUSLotus tidak tumbuh di Tibet, jadi seni Tibetan hanya membuat versi darinya. Perbedaannya dapat dengan mudah dilihat dengan membandingkannya dengan yang India dan Jepang. Lotus Tibet, seperti yang kita ketahui dari hiasan lukisan dan patung-patung, menunjukkan banyak variasinya. Dalam 8 simbol-simbol, bentuk dasarnya adalah memakai bunga warna putih dengan sedikit kemerah-merahan, dengan atau tanpa sebuah batang.

Lotus adalah salah satu dari simbol yang dikenal. Lotus dianggap simbol dari kesucian, walaupun lotus memiliki akar di dalam Lumpur dalam sebuah kolam dan danau, ia memunculkan kecantikan dari bunganya tanpa noda keatas permukaan air.

Itu benar bahwa ada beberapa tanaman air yang tumbuh indah diatas air, tapi hanya lotus, yang memiliki kekuatan dari batangnya, biasanya muncul 8 atau 12 inci diatas permukaan. Dengan grup 8 simbol juga, lotus melambangkan kesucian, terutama kesucian mental.

 

THE RIGHT-TURNING CONCH SHELL

THE RIGHT-TURNING CONCH SHELLSiput tersebut putih, agak besar, spiral dan oval pada ujung bawahnya bentuk putaran kekanan searah jarum jam adalah sangat jarang dari pada bentuk putaran ke kiri, oleh karena itu sangat berharga seperti objek alami (natural), tidak dibuat dengan tangan manusia, ini merupakan salah satu dari objek ritual yang tertua. Ini sering disebut sebagai kulit kerang laut dan kadang-kadang sebagai siput kerang untuk istilah tibet “Dung” mencakup pengertian keduanya.
   
Dalam Buddhist Tibet, ia mempunyai nilai khusus, suaranya penuh kekuatan. Kerang atau Siput keduanya digunakan untuk memanggil iring-iringan dan selama ritual digunakan sebagai musik, atau sebagai wadah  untuk menampung air berwarna kuning (saffron). Mereka digunakan juga untuk ornamen-ornamen dekorasi singasana, stupa, patung dan sebagainya.

Diantara ke-8 simbol, ia berdiri untuk kemasyuran dari ajaran Sang Buddha, dimana tersebar ke segala penjuru seperti suara terompet siput tersebut. Jadi ia memiliki arti religius yang murni.